Jumat, 12 Oktober 2018

Ada kalanya kondensor platina jadi biang kerok mesin tidak mau nyala

Daihatsu Hijet Zebra 1.0, si merah kesayangan Nico...mobilnya mogok


Cek harian mobil sudah menjadi rutinitas. Agar selalu siap apabila mobil kita ngadat di perjalanan.  Begini ceritanya....

Malam minggu nih, pastinya enak nih jalan. Cek mobil sore hari, mesin nyala normal gak ada masalah. Malam harinya otw guest...destinasi:

Nol Kilometer Cepu.



Start mesin langsung jreng normal. Jalan dah. Setelah beberapa meter mau keluar gang masuk jalan utama, mobil tiba-tiba mati....klesek.  Waduh ...@#$!& ?
Memang jalan agak menanjak, tetapi bensin masih banyak kok, biasanya bensin yang minim di tangki apabila medan jalan menanjak bisa menyebabkan pemompaan bensin tersendat, akibatnya mesin mati. Yuk telusuri penyebabnya...

Masalah:

Bisa start dan nyala sebentar langsung mati seperti kehilangan strum atau kehabisan bensin.

Apa sebabnya?

DIY tes: buka saringan udara; cek karburator,ada bensin naik; tarik choke dan coba start mesin, mesin tetap langsung mati.

Prediksi ada masalah pada jalur pengapian.

Cek kabel busi, tidak ada yang longgar. Cek kondensor platina, nah ketemu kabel kondensor platina ini tersambung terus dengan massa mungkin karena getaran mesin, seharusnya mengikuti koneksi platina, sambung-putus dengan massa. Pasang ulang koneksinya. Untuk memastikan gunakan alat bantu multimeter.

Koneksi kabel kondensor platina bermasalah
Koneksi Kabel kuning kondensor platina bermasalah

Setelah terpasang dengan benar coba start mesin...dan....cek...cek...jreng...mesin nyala normal tanpa pincang.


Sedikit pengalaman malam ini, niat ajak jalan-jalan anak malam minggu, walaupun kemalaman jadinya, yang penting anak senang, dan tidur pulas sepulangnya. Dan tidak lupa posting WA....  "mobilnya mogok"
Selamat tidur nak....mimpi yang indah.